Karbon Dioksida dipompa ke tanah untuk membuat batu padat.


                       Menangkap dan menjaga jumlah Carbon di alam merupakan bagian penting dari menjaga keseimbangan emisi CO2 di Planet ini. Setiap kali bahan bakar yang dibakar, menyebabkan semua CO2 yang tersimpan akhirnya terlepas ke atmosfer.

                       Manusia biang keladi semua ini telah menyebabkan masalah dari waktu ke waktu, dan kini kita mulai melihat efek dari perubahan iklim global.

                       Namun baru-baru ini, ilmuwan dan peneliti dari Islandia mungkin telah menemukan cara untuk menangkap emisi karbon secara permanen sehingga mereka tidak masuk ke atmosfer lebih jauh dan menyebabkan efek rumah kaca yang jauh lebih merugikan.

                         Caranya adalah CO2 dipompa kedalam batuan vulkanik di Islandia. Proses ini akan mempercepat proses alami yang mengubah basal menjadi mineral karbonat yang pada akhirnya akan menjadi batu kapur.

Proses ini biasanya akan memakan waktu ratusan ribu tahun, namun dengan cara ini para ilmuwan Islandia mampu melakukannya hanya dalam waktu dua tahun.

Hasilnya adalah karbon tersebut menjadi batu yang bisa disimpan dibawah tanah atau bahkan digunakan sebagai bahan bangunan.

Komentar

Postingan Populer